Wednesday, October 8, 2008

Doa Rosario - Oktober 2008




Setiap hari Rabu sore, selama bulan Oktober 2008, di gereja diadakan doa rosario yang dimulai pada pukul 17:30 selama kurang lebih 30 menit.

Walau hanya diikuti sekitar 30 anggota gereja, namun kegiatan ini sangat berarti bagi para pencinta Bunda Maria.

Untuk hari Rabu sore, 8 Oktober 2008, acara doa yang dipimpin oleh tiga orang pelajar SMP, yaitu Rangga, Chela dan Enggar, diperkenalkan juga Doa

Angelus atau Doa Malaikat Tuhan.


Angelus/Malaikat Tuhan

Selama lebih dari 700 tahun, sebagian besar umat Katolik Roma mempunyai kebiasaan untuk mengucapkan serangkaian doa tiga kali dalam sehari. Rangkaian doa tersebut dikenal dengan “Doa Angelus” atau “Doa Malaikat Tuhan” Angelus didaraskan pada jam 6 pagi, jam 12 siang dan jam 6 petang.

Nama Angelus diambil dari kata pertama dalam doa tersebut dalam bahasa Latin, artinya “Malaikat”. Beginilah bunyinya: Angelus Domini nuntiavit Mariae atau Malaikat Tuhan menyampaikan kabar kepada Maria.

Doa Angelus mungkin adalah suatu cara bagi umat beriman untuk berdoa bersama seperti dalam Breviary atau Ofisi, yaitu doa yang didoakan oleh para imam dan para anggota komunitas suatu Ordo Religius. Umat yang tidak dapat membaca, dapat menghafalkan doanya.

Dalam Doa Angelus, biasanya satu orang akan mengucapkan suatu kalimat dan yang lain akan memberikan tanggapan. Mengapa tidak mulai mendoakannya bersama dengan keluargamu sebelum berangkat ke sekolah atau pada saat makan malam?
Bapa Suci sendiri memimpin umatnya berdoa Angelus setiap hari Minggu siang.

Beginilah doanya:

Pemimpin: Maria diberi kabar oleh malaikat Tuhan, bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus.
Tanggapan:Salam Maria…

Pemimpin:Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu.
Tanggapan: Salam Maria…


Pemimpin: Sabda sudah menjadi daging, dan tinggal di antara kita.
Tanggapan: Salam Maria…

Pemimpin:Doakanlah kami, ya Santa Bunda Allah.
Tanggapan:Supaya kami dapat menikmati janji Kristus.

Pemimpin:
Ya Allah, karena kabar malaikat kami mengetahui bahwa Yesus Kristus Putra-Mu menjadi manusia; curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami, supaya karena sengsara dan salib-Nya, kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami.
Amin.

sumber : News For Kids, Rm Richard Lonsdale; Catholic1 Publishing Company; www.catholic1.com
disesuaikan dengan buku Puji Syukur; Komisi Liturgi KWI
“diterjemahkan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya atas ijin Fr. Richard Lonsdale.”

1 comment:

Unknown said...

Sangat menyenangkan apabila di Gereja Santa Lucia ada doa malaikat /doa angelus. mudah-mudahan bisa sampai selamanya bisa dipakai saat rosario. Amin


Hyuga Nick/HyugaNeji1231@Gmail.com