Sunday, October 12, 2008

Kita sudah diundang


Misa hari Minggu, 12 Oktober 2008 berlangsung meriah dipimpin Pastor Varalta didampingi pak Tjoanto dan Pak Anton sebagai prodiakon, serta Ibu Del, Pak Damanik dan Togi Sipayung sebagai pembaca dan pemazmur.


Seperti minggu-minggu sebelumnya, sebagian besar peserta misa adalah anak-anak kecil. Dalam kotbah hari Minggu, pastor Varalta menyampaikan 3 hal utama:



  • Kita semua telah menerima undangan Yesus

  • Hari Pangan Sedunia

  • Masalah anak-anak

Kita semua telah diundang Tuhan Yesus untuk hadir dalam pestanya, dan pilihan untuk menanggapi ada di diri kita masing-masing. Bebas untuk memilih tanggapan yang akan diberikan, apakah kita memilih untuk tidak menanggapi undangan Tuhan, apakah kita memilih untuk menanggapi undangan Tuhan dengan seenak kita sendiri, datang dengan seadanya, atau kita dengan sungguh-sungguh datang menanggapi undangan Tuhan, dengan berbekalkan semua hal baik yang diinginkan Tuhan, semua hal yang disenangi Tuhan, dengan segala hal-hal baik yang kita lakukan dalam hidup kita. Melalui gambar yang ada di text misa hari ini, pastor Varalta memberikan contoh, apakah kita akan seperti dua orang yang diusir dari pesta karena tidak berpakaian layak, ataukah kita akan berada di luar pesta, dan Tuhan akan mengundang orang-orang lain, ataukah kita menjadi orang-orang yang bahagia yang menikmati pesta Tuhan. Tuhan memberi kebebasan sepenuhnya kepada kita untuk memilih.

Hari ini diperingati sebagai hari pangan sedunia, dan pastor Varalta mengajak umat Rumbai untuk memberi perhatian kepada sesama di sekitar yang memerlukan bantuan dalam hal yang sangat mendasar ini.

Untuk masalah anak-anak, Pastor Varalta mengingatkan bahwa minggu depan anak-anak se paroki akan berkumpul untuk memperingati hari misioner anak-anak. Perhatian yang lebih serius kepada anak-anak yang masih polos, perlu dilakukan oleh umat Rumbai.

Salam hari minggu.


No comments: